Kamis, 03 Desember 2020

PGP-1-Kota Padang-Marsal Maret-1.2-Aksi Nyata


A. Latar Belakang
            Pembelajaran jarak jauh merupakan salah satu cara dalam melaksanakan pembelajaran di masa pandemi covid-19. Menurut aturan dari Kemdikbud, proses pembelajaran dilaksanakan secara daring, luring atau menggunakan keduanya sesuai dengan zona daerah masing-masing. Untuk memenuhi hak anak agar selalu mendapatkan proses belajar mengajar di rumah maka guru harus beradaptasi dengan teknologi dalam membuat materi atau video pembelajaran sehingga mudah dipahami oleh siswa. Teknologi yang selama ini paling banyak digunakan oleh rekan pendidik adalah WA grup.
                Namun selama pembelajaran jarak jauh tentu ada beberapa kendala yang dihadapi oleh orang tua dan siswa, misalnya tentang kuota internet dan gawai yang dibawa oleh orang tua bekerja. Untuk mengatasi kuota internet yang menjadi permasalahan PJJ, maka pemerintah melalui Kemdikbud memberikan bantuan kuota internet untuk seluruh jenjang pendidikan mulai dari bulan September sampai Desember. Sedangkan untuk mengatasi murid yang terkendala dengan gawai/HP karena dibawa oleh orang tua bekerja atau dipakai oleh beberapa anak maka guru harus memikirkan cara yang tepat untuk membuat anak tetap belajar.

B. Deskripsi Aksi Nyata
                Untuk mengatasi hal ini, maka salah satu aplikasi yang dapat digunakan adalah apikasi rekam layar. Penggunaan aplikasi rekam layar memudahkan guru dalam membuat video pembelajaran sehingga bisa dikirimkan ke WA grup kelas. Kelebihan dari aplikasi rekam layar yaitu siswa dapat memutar video pembelajaran secara berulang-ulang, membantu siswa yang hp nya dipakai oleh orang tua bekerja. Untuk saat ini, banyak aplikasi rekam layar yang sudah digunakan oleh beberapa guru dalam PJJ seperti bandicam, filmora, faststone, dan zoom.
                Jika selama ini, zoom hanya banyak digunakan untuk pertemuan tatap muka secara daring, maka zoom juga dapat dimanfaatkan untuk membuat video pembelajaran rekam layar. Untuk mengetahui penggunaan rekam layar zoom, kita dapat mempelajarinya melalui tutorial yang ada di youtube. Harapan kita bersama, rekan-rekan pendidik semuanya dapat memanfaatkan aplikasi rekam layar zoom dalam PJJ. Selamat belajar dan berkarya guru-guru hebat semuanya.

C. Hasil dari Aksi Nyata yang Dilakukan
                Melalui penggunaan aplikasi rekam layar zoom memudahkan murid dalam memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Hal ini terjadi karena murid dapat mengulang memutar video yang dikirimkan oleh guru sehingga mereka mudah memahami materi-materi yang sulit. Dalam pemberian soal latihan atau tugas, murid tidak ada lagi yang banyak bertanya ketika dibandingkan hanya dengan menyuruh murid mengerjakan soal latihan dengan memerintahkan membuka halaman buku di WA grup.
            Banyak murid yang mendapatkan nilai bagus, hal ini dibuktikan dengan hasil belajar siswa dengan menggunakan link dari microsoft form, seperti aksi nyata Calon Guru Penggerak yang dilakukan pada modul 1.1. Semoga video yang dibuat dan direkam lebih bagus lagi dan menarik untuk murid sehingga PJJ tidak membosankan bagi murid, malah mereka setiap hari menunggu kiriman tugas dan video dari guru.

D. Pembelajaran yang didapat dari pelaksanaan
              Banyak hal positif yang dapat diambil dari penggunaan aplikasi rekam layam zoom. Pertama, murid mengenal gurunya secara langsung sambil menerangkan materi pelajaran dalam bentuk rekam layar video. Kedua, membantu murid dalam memahami materi pelajaran yang dirasa sulit karena murid dapat mengulang memutar video yang dikirimkan guru tanpat harus memikirkan paket data karena dibantu oleh pemerintah melalui peket data kuota belajar, dan ketiga, membantu orang tua yang harus membagi penggunaan HP dalam PJJ karena ada satu HP yang harus dipakai oleh 3 orang anak, karena semuanya dalam masa sekolah dan mengikuti PJJ.

E. Rencana Perbaikan di Masa Mendatang
           Pembuatan video yang bervariasi dan menarik sangat dibutuhkan dalam menarik minat dan motivasi siswa dalam belajar dari rumah. Pembelajaran jarak jauh banyak membuat siswa menjadi bosan karena hanya disuruh mengerjakan soal latihan dan tugas. Melalui penggunaan aplikasi rekam layar, murid merasa ada interaksi yang terjadi antara guru dengan murid walaupun dalam bentuk video pembelajaran.
               Pembuatan video dengan rekam layar juga tidak boleh terlalu panjang, agar siswa tidak terlalu lama dalam menonton video di HP. Guru harus pandai menjelaskan dan merangkum hal-hal yang penting saja dalam video yang dikirimkan ke WA grup kelas. Peranan orang tua juga penting dalam mengawasi penggunaan HP dalam PJJ agar proses pembelajaran dan pengerjaan tugas tidak harus menunggu sore hari atau malam.

F. Dokumentasi Pelaksanaan

                    SALAM dan BAHAGIA

0 komentar:

Posting Komentar