A. Latar Belakang
Penilaian hasil belajar murid selama masa pandemi covid-19 membutuhkan kreatifitas guru dalam merancang sistem penilaian yang menarik dan meningkatkan motivasi siswa dalam belajar selama PJJ. Jika selama ini proses penilaian hanya menggunakan kertas dan pena maka selama proses pembelajaran jarak jauh, sistem penilaian menggunakan aplikasi teknologi dengan menggunakan HP murid masing-masing. Sistem penilaian yang baik juga harus mampu mengukur sejauh mana pemahaman murid dalam memahami materi pelajaran yang disampaikan guru
Pembelajaran daring merupakan langkah yang harus diambil selama masa pandemi karena memprioritaskan keselamatan guru dan murid. Untuk itu guru juga harus menyesuaikan diri dengan meningkatkan pengetahuan tentang penggunaan aplikasi teknologi yang bertujuan memudahkan murid dalam proses pembelajaran sehingga tercipta pembelajaran yang bermakna untuk murid. Dalam hal ini, aplikasi yang mendukung sistem penilaian dalam PJJ adalah penggunaan aplikasi quizizz karena penggunaannya sangat mudah dan tidak memberatkan orang tua dan murid.
B. Deskripsi Aksi Nyata yang Dilakukan
Aplikasi quizizz merupakan salah satu aplikasi yang membantu guru dalam merancang sistem penilaian dalam mengukur sejauh mana pengetahuan murid dalam memahami materi pelajaran selama PJJ. Dalam quizizz terdapat soal latihan yang sudah tersedia karena dibuat oleh guru-guru lain maupun dapat juga dibuat sendiri oleh guru kelas masing-masing. Untuk melihat sejauh mana hasil belajar yang efektif dan sesuai dengan karakteristik murid maka guru harus membuat soalnya sendiri untuk mengukur kompetensi pengetahuan murid.
Penggunaan quizizz juga membangkitkan motivasi murid dalam proses PJJ karena murid dapat mengetahui secara langsung hasil yang didapatnya dan peringkat di kelas masing-masing. Tampilan quizizz sangat menarik karena tulisan soal yang ada mudah dibaca oleh murid disertai bunyi musik yang membuat murid semakin senang dan gembira dalam mengikuti penilaian yang dirancang oleh guru.
C. Hasil dari Aksi Nyata yang Dilakukan
Hasil dari penggunaan aplikasi quizizz dalam merancang sistem penilaian membuat penilaian tidak lagi menggunakan kertas dan pena, akan tetapi menggunakan teknologi sehingga guru juga terlatih untuk melek menguasai IT. Hasil belajar yang didapat dari aplikasi quizizz diketahui secara langsung oleh murid, serta rekapitulasi nilai semua siswa juga dapat dicetak untuk menjadi bukti proses penilaian selama belajar daring.
D. Pembelajaran yang didapat dari pelaksanaan
Proses pembelajaran juga ditentukan bagaimana hasil belajar yang diperoleh oleh murid. Selain itu sebagai CGP, peranan guru penggerak untuk menumbuhkan nilai kreatif dan kolaboratif diperlukan dalam mewujudkan lingkungan belajar murid merdeka. Dalam hal kreatif, guru mampu menggunakan aplikasi penilaian dalam proses pembelajaran jarak jauh. Sedangkan dalam kolaboratif, CGP mengajak dan memperkenalkan aplikasi ini kepada rekan guru yang lain sehingga dapat juga diterapkan di kelas masing-masing.
E. Rencana perbaikan di masa yang akan datang
Proses penilaian yang baik harus mampu mengukur sejauh mana kompetensi pengetahuan murid ketika pembelajaran dilaksanakan secara daring. Untuk itu, dalam membuat soal, guru harus melihat karakteristik murid dan kemampuan murid dalam memahami materi pelajaran yang disampaikan guru sehingga soal yang dibuat valid. Dalam membuat soal juga harus bervariasi, disertai tambahan gambar-gambar yang menarik oleh siswa.
F. Dokumentasi Pelaksanaan










0 komentar:
Posting Komentar